Sabtu, 13 April 2013

PASKAH RAYA HKBP DISTRIK X MEDAN ACEH




Sabtu, 13 April 2013, mulai pukul 14.00 s/d 18.00, bertempat di Hermina Hall, HKBP Distrik X Medan Aceh, dengan dihadiri l.k 2.000 orang dan 150 pendeta, Guru Jemaat, Bibelvrow, Diakones dan sintua melaksanakan perayaan Paskah Raya dipimpin oleh Kepala Departemen Koinonia HKBP Pdt Welman P.Tampubolon, STh. Sedangkan liturgis, Praeses HKBP Distrik X Medan Aceh Pdt Julasber G. Silaban, MTh, Pdt Syamsir D. Sinaga, MTh, Pdt Lidya Simanjuntak, STh, Pdt Ruth Betty Panjaitan, STh, Pdt Soni Lasma Sinaga, STh, Pdt Elfrida Ompusunggu, STh, Pdt Herlina Simbolon, STh dan Pdt Hotma F. Panjaitan, STh. Ibadah diisi dengan paduan suara  Persekutuan Pelayan Pensiun (Perpen), Koor Naposobulung Distrik, Koor Perempuan Distrik, Koor Pardihuta ni Pangula Na Gok Tingki. Demikian juga dengan persembahan musik, koor, vocal solo dari anak Sekolah Minggu dari HKBP Pansurbatu, HKBP Menteng, HKBP Medan Jln Sudirman, HKBP Cinta Damai. Acara Ibadah yang singkat, padat dan menyentuh disusun oleh Pdt Syamsir D. Sinaga, MTh.

 
Tim Penari dari Naposobulung Eben ezer Pancurbatu bersiap menyambut barisan prosesi Panitia dan Pelayan


 Barisan Prosesi Pendeta, Panitia, Guru Huria, Bibelvrow dan Diakones sedang memasuki ruang ibadah bersama naposobulung yang membawa Alkitab, Salib dan Lilin

Kadep Koinonia HKBP Pdt Welman Tampubolon dan Nyonya, Praeses HKBP Dist X Medan Aceh bersama Nyonya dan Ketua PWD/Panitia Ny St J Simanjuntak dan Bapak St J Simanjuntak sedang tekun mengikuti acara

Kata-kata sambutan dari ketua Panitia Paskah Ny St J Simanjuntak Br Tambunan dengan melaporkan kekompakan panitia dan pengurus Perempuan Distrik, dan sebelum perayaan telah melakukan Pengobatan Gratis dan pembagian Sembako di HKBP Patumbak, serta pembagian kacamata gratis. Sabtu 6 April 2013 dan akan melaksanakan Pengobatan Gratis dan Bansos lagi hari Jumat, 19 April 2013 di HKBP Desa Teladan. Kegiatan ini dikordinir Ketua Ny St Simanjuntak Br Tambunan, Ny Nababan Br Sihombing dan Ny St Siregar Br Aritonang. Demikian juga Ny Washinton Tambunan Br Marpaung, Ny St Lukman Silitonga Br Tambunan, Ny Pdt Drs Donald Sianturi Br Pasaribu.


Kata sambutan mewakili warga jemaat oleh Bapak Washintong Tambunan (Mantan Kadis Pertambangan Prop SU) yang dengan tekun mengikuti rangkaian acara sejak dari awal hingga akhir bersama dengan bapak St J. Simanjuntak dari HKBP Medan Jln Sudirman. Kemudian dari yang mewakili walikota B. Tampubolon (Kadis Kebakaran Kota) turut memberikan kata sambutan dengan membacakan sambutan dari walikota Medan.


Yang menarik dalam rangkaian acara ini dari awal hingga akhir adalah diwarnai dengan budaya batak yang begitu menarik; barisan prosesi disambut dengan serangkain tarian Batak, oleh anak-anak sekolah Minggu dan remaja dari HKBP Tanjung Morawa hingga masuk ke gedung. Hiburan dan penampilan anak-anak sekolah minggu dengan nuansa batak,dari HKBP Pansurbatu dan Sudirman demikian juga dari pihak perempuan (ibu-ibu) manghunti tandok berisi “parbue na pir” yang disumbangkan untuk Panti Asuhan Betlehem, asuhan HKBP Distrik X Medan Aceh. Kita patut bangga sebagai orang Batak !


Dalam khotbah yang terambil dari 1 Korintus 15:58, dengan penyampaian yang berapi-api Kadep Koinonia Pdt Welman P. Tampubolon, STh menekankan bahwa perayaan paskah ini mengingatkan sukacita kematian dan pengampunan, sukacita kebangkitan dan pengharapan serta sukacita menanti kedatangan Tuhan Yesus kedua kali dalam kemuliaan. Dihubungkan dengan thema dan sub thema agar HKBP menjadi berkat bagi dunia, adalah ketika kita sungguh-sungguh menghayati iman dan mengalami pertumbuhan, sehingga kita tidak lagi terlena dalam konflik internal, karena kita sedang diutus membawa berkat bagi dunia ini. Dengan sukacita kebangkitan marilah kita sadar bahwa kita hidup untuk menjadi saluran berkat Tuhan  bagi dunia ini.

 

Gr H Sianturi, Gr K. Silalahi, Gr MH Siagian dan Gr R.Sirait dan Gr Simamora sedang tekun mengikuti jalannya acara. 


Diak Riana Sinaga, Diak R Ompusunggu, Diak R. Sitompul dan Diak H.Siringoringo

Gr H.Lumbantobing, Biv H.Matondang, Biv W.Tinambunan dan Biv Rumahorbo dan Biv K.Sinaga


Kadep Koinonia menyampaikan khotbah Paskah Raya
Para Pendeta yang hadir pada acara penutupan Ibadah Paskah
Para Ibu-ibu manortor menyampaikan 'parbue na pir' untuk Panti Asuhan Betlehem Asuhan HKBP Distrik
Para Ibu-ibu sedang menunjukkan kebolehannya menari

para pemenang luckydraw berfose bersama dengan paniti Paskah dan ibu Kadep Koinonia dan Ibu Praeses

Anak sekolah Minggu HKBP Menteng sedang menyuarakan lagu puji-pujian

dua orang penari dari Naposobulung HKBP Pancurbatu, berfose bersama dengan Kadep Koinonia &Nyonya                \
Praeses HKBP Distrik X dan Nyonya dan Pendeta Ress Pansurbatu dan Nyonya                







3 komentar:

  1. Tulisan yang lengkap dan enak dibaca.

    BalasHapus
  2. Kiranya Tuhan memberkati Preses HKBP Distrik X Medan Aceh bersama seluruh Pelayan dan Jemaat Nya, Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. i ma tutu, mauliate ma inang, sahat ma tabe.Praeses

      Hapus