Senin, 15 April 2013

Pengembangan Masyarakat HKBP Dist X Medan Aceh

Pada hari jumat, 12 April 2013, HKBP Distrik X Medan Aceh mengadakan penyuluhan beternak babi, secara sehat dengan sistim permentasi, kemudian pemanfaatan kotoran untuk pengadaan biogas dalam rangka keramahan lingkungan. Kegiatan ini dilakukan atas kerjasama bidang Diakoni Distrik dan Biro Pengembangan Masyarakat Kantor Pusat HKBP Pearaja Tarutung, dihadiri 15 orang peserta, termasuk di dalamnya Praeses Pdt Julasber Silaban, MTh dan Kabid Diakonia Pdt Parsaoran Sinambela dan Kabid Marturia Pdt Leonard Siregar, STh, SH.

Kabiro Pengmas selaku penceramah tunggal memaparkan bahwa pengadaan beternak babi, haruslah dapat menambah berat ternak 15 kg perbulan, sehingga peternak dapat beruntung, karena itu bibit, pola makan, lokasi (kandang) dll, harus mendapat perhatian yang serius. Jika ingin lebih lanjut mengetahui maka silahkan saja mendaftar ke Pdt Parsaoran Sinambela, Kabid Diakonia di kantor HKBP Distrik X Medan Aceh. Kemudian agar tidak mengganggu lingkungan dengan aroma yang tidak sedap, maka kotorannya dapat dimanfaatkan untuk memasak (Biogas)
Dalam diskusi dengan berbagi pengalaman dari peserta, rupanya batang pisang yang sudah ditebang dapat dimanfaatkan menjadi makanan utama ternak dengan mencampurkan dedak dan abu ikan. Dan sebaiknya makanannya jangan dimasak, karena makanan mentah akan menghasilkan protein dan karbohidrat yang banyak berguna bagi percepatan pertumbuhan ternak.
Demikian juga beternak ayam organik, beternak lele, semua bisa dipelajari, asalkan ada kemauan pasti akan ada jalan bagaimana meningkatkan ekonomi kerakyatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar